Jumat, 12 Desember 2008

Protein vs Pati

Ternyata Protein dan Pati itu hidupnya tidak bisa sejalan loh, Pati dan Protein ketika dicerna secara bersamaan dan dalam jumlah yang cukup maka akan menyebabkan gangguan pencernaan pada perut, mual, muntah, nafsu makan kurang, dsb. Mengapa demikian ?
Aturan dasar food combining, Protein tidak dapat dicerna apabila dikombinasikan dengan pati dan begitu pula sebaliknya dengan pati karena pati tidak dapat diuraikan bila dikombinasikan dengan protein. Kemudian ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa protein dan pati tidak dapat dicerna dalam waktu bersamaan dalam perut, diantaranya :

  1. Protein jika dikonsumsi memerlukan suasana asam di lambung agar bisa dicerna dengan baik, sedangkanPati memerlukan suasana basa untuk diuraikan menjadi senyawa yang lebih sederhana yang mudah diserap oleh tubuh.
  2. Pati yang dicerna dalam lambung harus berada dalam suasana netral selama kurang lebih satu jam sedangkan protein memerlukan suasana asam di lambung karena protein tidak dicerna dimulut.
Dari kedua hal yang cukup mendasar tadi, tentulah sangat jelas mengapa protein dan pati tidak terlalu cocok untuk dikonsumsi secara bersamaan. Akan tetapi saya tidak menganjurkan kepada anda untuk memakan makanan secara terpisah. Tentu ada pula yang menjadi aturan dasar, dan yang saya temukan dalam refereni food combining bahwa standar kandungan makanan mengandung pati dan protein adalah 10% (10 gr protein/pati dalam 100 gr bahan makanan).
Misalnya saja, telur yang mengandung 12 gr protein, dapat dikonsumsi bersama dengan roti yang mengandung 3,2 gr pati.


Akan tetapi harus tetap diingat dalam aturan dasar Food Combining (FC) jangan sekali-kali mengkombinasikan dengan buah, karena bisa jadi yang kita makan akan menjadi sia-sia dan tidak bermanfaat. Buah secara ilmiah menghambat pencernaan protein, karena asam buah yang ada dalam buah-buahan menghambat pengeluaran enzim pemecah protein yakni pepsin, dan juga menghentikan proses enzimatik dalam pencernaan pati. Sehingga buah-buahan ketika dikonsumsi dengan pati dan protein maka akan mengakibatkan perlambatan dan proses cerna dari protein dan proses penguraian dari pati serta mengakibatkan gangguan pencernaan yang sangat menganggu.


Write by :
Andi Imam Arundhana

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Design by Andi Imam Arundhana. Powered by Blogger