Kamis, 11 Desember 2008

The miracle of food

"Para ahli riset nutrisi, sebagaimana sebuah bintang Batlehem modern, membawa harapan bahwa penyakit tidak perlu menjadi bagian dari kehidupan."

Adelle Davis (1904-1974), ahli nutrisi dan penulis dari AS, New York Times Magazine, 20 Mei 1973


Nah dari sepenggal kata diatas, tentu kita sudah mengerti apa kandungan atau hal apa yang disinggung dari kalimat diatas. Ya jawabannya ialah hidup sehat jauh dari penyakit. Untuk tulisan kali ini saya akan sedikit mengupas tentang susu sapi, yang nota bene dan udah membudaya bahwasanya mengkonsumsi susu setiap hari itu bagus untuk kesehatan kita.

Ah syapa yang bilang klo mengkonsumsi susu itu baik untuk kesehatan? "Tidak semua yang anda dengar dan liat itu bener" Simak sedikit ulasan dibawah ini ya....

Susu sapi merupakan penyebab umum perasaan tidak nyaman yang kita rasa misalnya saja mual, kembung, kejang, diare, dan gas. Jika tidak terlalu sensitif terhadap makanan produk-produk peternakan, sedikit susu pada teh atau kopi mungkin dapat ditolerir, tetapi tidak pada jumlah yang besar (misalnya satu gelas atau dicampur dengan sereal) (Marsden, 2000)

Dalam persepsi kita semua seringkali menganggap susu sebagai sumber protein dan kalsium. Memang benar susu memilki kandungan kalsium dan protein yang cukup besar, namun tetap jika ditinjau kembali sebenarnya susu lebih memiliki kandungan karbohidrat yang lebih besar daripada kandungan proteinnya. Karenanya, susu yang dikombinasi dengan bahan makanan yang mengandung protein tinggi dapat menimbulkan masalah utama pencernaan anda.
Sebuah penelitian mengatakan bahwa, susu merupakan indikator yang sangat peka untuk tingkat polusi, mengapa demikian ? Binatang yang memproduksi susu misalkan saja sapi dan kambing menyerap residu pestisida dan zat-zat polutan lainnya dan menyebarluaskannya melalui susu mereka (bukan cuma gizinya aja, polusinya kemungkinan juga ikut loh!!)

Nah setelah sedikit banyak mengetahui tentang susu sapi, marilah temen2 bisa memilah-milah bahan makanan yang cukup sehat bagi tubuh anda. Jadikanlah makanan alami sebagai obat bukan lagi obat-obat kimia. Tapi saya menulis ini bukan untuk menakuti agar tidak mengkonsumsi susu loh tapi sebaiknya dikurangi porsinya dan hanya sebagai penambah misalkan menambah sedikit dalam teh atau kopi. Atau mengganti kebiasaan mengkonsumsi susu sapi ini dengan beberapa jenis susu seperti susu kedelai, susu amandel, susu beras, atau susu havermut organik.

Demikian sedikit ulasan mengenai susu sapi, kalau ada hal yang salah atau kurang tolong tuliskan komentarnya dan semoga menjadi bahan pelajaran kita semua.

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com. Design by Andi Imam Arundhana. Powered by Blogger